Rabu, 06 Juni 2012

Metode Membaca SQ3R

MEMBACA LANJUT Laporan Hasil Bacaan Sebuah Jurnal/Artikel Yang Berjudul “Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja” Menggunakan Teknik Membaca SQ3R. LA MUDA A2D1 09 178 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 2010 Kegiatan awal dalam melaporkan hasil bacaan sebuah Jurnal/Artikel dengan menggunakan metode SQ3R yaitu: 1. Survey Pada kegiatan survei ini, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mensurvei sebuah Jurnal/ artikel. Adapun hasil survei yang dilakukan dapat dilihat dari uraian dibawah ini. Jurnal/Artikel yang sedang di survey ini berjudul “ Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja”. Jurnal/Artikel ini ditulis oleh A. Azis Wahab (Universitas Pendidikan Indonesia) yang diterbitkan oleh Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta 2006, yang merupakan terbitan I, No. 3 – Desember 2006. Jurnal/Artikel ini berjumlah 8 halaman dimana terdiri dari beberapa bagian. Pada bagian awal Jurnal/Artikel ini terdapat Abstrak, kemudian bagian Pendahuluan. Bagian berikutnya dari Jurnal/Artikel ini membahas tentang masalah pokok didalamnya yaitu mengenai kelas dan pengelolaannya, meliputi: • Kelas yang Dikelolah dengan baik adalah “Self – Contained Classroom” • Kelas, Pencahayaan, dan Kebisingan • Empat Kunci Pengaturan Ruang Yanag Baik Selain itu, Jurnal/Artikel ini juga menyajikan beberapa saran untuk pengaturan ruang dalam manajemen kelas yaitu: • Dindinga dan papan buketin • Lantai Ruangan • Ruang penyimpanan dan pasokan. Bagian berikutnya dari Jurnal/Artikel ini yaitu penutup yang menguraikan tentang kesimpulan dari Jurnal/Artikel dimaksud, dan bagian yang paling akhir adalah daftar pustaka yang merupakan rujukan dalam penyusunan Jurnal/Artikel ini. 2. Question Dari hasil survey yang dilakukan pada Jurnal/Artikel yang berjudul ”Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja” maka lahir beberapa pertanyaan yaitu: 1. Apa yang dimaksud dengan kelas? 2. Bagaimana cara pengelolaan kelas? 3. Apa yang dicapai dalam upaya pengelolaan kelas? 4. Apa saja yang berkaitan dengan kelas dan pengelolaannya? 5. Apakah ada unsur lain berupa saran untuk pengaturan ruang kelas? 6. Apa yang menjadi kesimpulan dari Jurnal/Artikel yang berjudul ”Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja”? 3. Read Setelah membaca Jurnal/Artikel yang berjudul “Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja” ini, kita dapat memperoleh gambaran tentang pertanyaan-pertanyaan yang kita lahirkan dari kegiatan 2 (Question). Walaupun dari hasil bacaan yang kita lakukan belum mencapai pemecahan masalah secara utuh, akan tetapi dengan kegiatan membaca yang kita lakukan kita dapat memperoleh gambaran-gambaran yang kemudian bisa kita simpulkan sebagai pemecahan masalah yang ada. 4. Recide Dari hasil membaca yang dilakukan, kita dapat menceritakan kembali apa yang sudah kita lakukan pada kegiatan 3 (Read). dengan recide ini, maka pertanyaan-prtanyaan yang perna kita lahirkan pada kegiatan 2 (Question) dapat terjawab walaupun tidak maksimal. Adapun hasil bacaan yang dilakukan yaitu: Setelah kita melakukan kegiatan survey pada Jurnal/artikel “Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja” maka lahirlah beberapa masalah/pertanyaan yang berkaitan dengan Jurnal/Artikel di atas, yang kemudian akan diperjelas dari hasil kegiatan 4 (reside) ini.Masalah yang dihadapi pertama mengenai “Apa yang dimaksud dengan kelas?”. Kelas adalah suatu unit terkecil dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional yang merupakan tempat siswa dan guru bekerja. Dari hakekat kelas tersebut, maka dalam kelas tentu ada sebuah metode atau cara dalam pengelolaan kelas berkaitan dengan manajemen kelas. Dalam jurnal ini ada beberapa hal yang dapat menunjang dalam manajeen kelas yaitu:  Kelas yang dikelolah dengan baik adalah “Self-Contained Classroom” “Self-Contained Classroom” yaitu semua keperluan siswa dan guru dapat diperoleh sesuai dengan kebutuhan siswa yang telah diataur sedemikian rupa.  Kelas, Pencahayaan, dan Kebisingan Sebuah kelas yang merupakan tempat siswa belajar harus memiliki kondisi fisik yang baik. Selain itu sebuah kelas harus mendapatkan pencahayaan dari luar maupun dalam. Selain kedua aspek itu salah satu aspek yang juga dianggap penting dalam pengelolaan kelas adalah menyangkut kebisingan (polusi suara). Kita sadari bersama bahwa ruang kelas yang ada di sekolah-sekolah memiliki kondisi yang beragam, namun dengan konsep manajemen kelas harus tepat diperhatikan dan sebisa mungkin diterapkan, sehingga upaya itu akan meminimalkan hambatan bagi siswa dalam belajar dan bekerja didalam kelas.  Empat Kunci Pengaturan Kelas Yang Baik Ada empat kunci yang berfungsi sebagai pedoman didalam mengambil sebuah keputusan tentang pengaturan ruang kelas seperti yang dikemukakan oleh Emmer et all (1984) yaitu: a. Hindari kemacetan bagian-bagian kelas yang dianggap sibuk. b. Pastikan murid-murid terlihat oleh guru. c. Siapkan materi pengajaran untuk guru. d. Pastikan Presentasi dan pengajaran guru mudah terlihat. Selain perihal yang dikemukakan di atas, terdapat pula beberapa saran yang menunjang pengaturan ruangan berkaitan dengan manajemen kelas seperti: a. Penataa diding dan papan buletin b. Penataan lantai ruangan c. Penataan ruang penyimpanan dan pasokan Uraian diatas merupakan peta konsep hasil bacaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen kelas kita harus dapat menyesuaikan dengan keadaan kelas pada umumnya. Metode ini tidak semua dapat diterapkan, akan tetapi bisa diupayakan dijadikan salah satu pertimbangan utama para guru dan kepala sekolah dalam manajemen kelas. 5. Review Dalam Kegiatan ini kita hanya melakukan peninjauan terhadap bahan bacaan yang telah kita baca. Akan tetapi permasalahan yang muncul pada kegiatan membaca sebelumnya telah mampu di pecahkan melalui kegiatan 4 (reside). Dengan demikian maka, kegiatan membaca dengan menggunakan SQ3R pada Jurnal/Artikel yang Berjudul ”Manajemen Kelas: Upaya Menciptakan Kelas Sebagai Tempat Menyenangkan Untuk Belajar dan Bekerja” dapat dituntaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar